thozzology

Like a Dream and Fantasy

Pages

WAJAN BOLIC

WAJAN BOLIC

Antenna Wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam Teknologi RT/RW-net. Antenna Wajanbolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah RT/RW-net sehingga kita dapat ber Internet dengan murah. Internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan ber Internet gratis, seperti kebanyakan orang menyangka. Internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak mengguna di sebuah RT/RW dalam RT/RW-net

Antenna Wajanbolic e-goen di kembangkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih di kenal e-goen. Pak Gun berasal dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau bekerja di Indosat menjadi salah seorang yang bertanggung jawab di Stasiun Bumi Indosat di Purwakarta. Sejak 2005-awal 2006, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antenna wajan & antenna panci di Indonesia. Antenna wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun RT/RW-net atau Wireless Internet murah di rumahnya dengan modal sekitar Rp. 300-350.000 saja.

A. Latar Belakang

Untuk meningkatkan jarak jangkauan wireless LAN diperlukan antena eksternal dengan gain yang lebih tinggi dari antenna standardAntena eksternal High Gain harganya relative mahal Banyak barang-barang yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan untuk membuat antenna High Gain dengan cara mudah dan biaya ringan.

B. Alat dan Bahan

Adapun bahan – bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

1. Wajan (Penggorengan)

2.. Pipa Paralon (PVC)

4. Lakban Aluminium Foil

Sebaiknya gunakan lakban aluminium foil agar mudah ditempel dipermukan pipa paralon (PVC). Atau bisa juga menggunakan alumnium foil yang berbentuk stiker atau kertas

5. Baut dan Mur (ukuran 12)

6. Kabel UTP (Belden USA)

Kabel UTP (Tipe Belden USA Original) sepanjang + 30 meter.

7. Kabel USB Extender

8. USB Wireless Adapter

Peralatan Lainnya:

1.Tang Crimping

2.Tang Biasa

3.Gunting

4.Penggaris / Meteran

5.Gergaji Besi

6.Solder

7.Timah

8.Cutter

9.Solasi Hitam

C. Perhitungan

1. Feeder (Jarak Fokus Wajan / Area Bebas Aluminium Foil)

2. Lubang USB WiFi Adapter

D. Perakitan Wajan Bolic

1.Pasang salah satu Dop Pipa yang sudah di lubangi ke lubang Wajan, kencangkan pemasangan dengan menggunakan baut dan mur.

2. Lapisi permukaan (selain Feeder ) Pipa Paralon PVC 3 inchi dengan Lakban Aluminium Foil . Lapisi pula bagian dalam Dop Pipa besar yang di tempel bersama Pipa kecil. Buatlah lubang seukuran kepala USB sesuai perhitungan yang didapat.

3.Pasang USB WiFi ke Dop pipa yang telah ditempelkan dengan Pipa Paralon kecil yang telah dibelah fungsingya sebagai penjepit USB.

4. Tempatkan kepala USB WiFi berada di luar Pipa.

5. Selanjutnya pasang keduanya ke dalam Pipa PVC yang sudah dilapisi Aluminium Foil dan tempatkan pada Dop Pipa yang terpasang pada wajan.

Sumber:

http://opensource.telkomspeedy.com

http://leonard037.wordpress.com

http://aldino.webatu.com

0 comments:

Post a Comment

Owl City - To The Sky